Masterplan Resort Lombok Competition winner

KONSEP DESAIN MASTERPLAN RESORT LOMBOK

Prioritas utama sebagai sebuah kawasan resort adalah kesenangan dan kepuasan pengunjung, dengan lokasi yang berada di pantai maka persaingan perkembangan kawasan resort semakin tinggi. Sebagai kawasan resort yang memiliki kelebihan view yang indah, maka untuk mendapatkan nilai lebih diperlukan konsep yang unik dan berbeda dengan tetap menonjolkan kelebihan yang ada.

Kawasan resort bernuansa alam

Kawasan resort ini mengusung konsep yang dekat dengan alam dan mengutamakan public space sebagai pusat aktifitas. Dengan konsep tersebut, suasana liburan, keceriaan, dan kebersamaan lebih terasa, disamping terdapat fasilitas pribadi yang menjaga privasi dan ketenangan.

Konsep yang unik dan berbeda

Untuk memberikan kesan berbeda dan baru sebagai sebuah tempat berlibur, bersenang-senang bersama keluarga, kerabat, dan sahabat, penataan kawasan resort ini dipersiapkan secara detil, dengan beberapa konsep:

Keunikan kawasan resort ini adalah konsep kolam renang yang menjadi axis dan berkelok-kelok menganalogikan bentuk sungai di kawasan yang berbentuk l ini, dengan hotel sebagai pusatnya, kolam ini juga memudahkan akes ke segala tempat, sehingga tidak ada ruang negatif di antara bangunan-bangunan villa yang cenderung dipandang individualis dan tertutup.

Penghubung bangunan di atas kolam, sebagai jembatan, adalah deck kayu yang memberikan kesan alami, pengalaman ruang dengan aliran air kolam di bawahnya akan sangat menunjang konsep alam yang ada, selain pemandangan eksklusif di bibir pantai.

Keberadaan area gazeebo di tepi pantai dengan desain wooden deck, tidak hanya berfungsi untuk menyesuaikan perbedaan elevasi lahan, tetapi juga memberikan pengalaman ruang bagi pengunjung seolah2 berada melayang di atas area pantai/laut seperti berada pada deck kapal.

Penataan kawasan

Penataan kawasan diutamakan dengan memberikan akses yang mudah, terutama pada akomodasi villa, yaitu berada di sumbu kawasan berbentuk l, tentunya memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Dengan akses utama yang mengitari kawasan, maka pengunjung benar-benar dapat menikmati keindahan alam dan kawasan resort secara bersamaan. Namun dengan keamanan yang juga menjadi prioritas, sirkulasi di dalam kawasan juga diatur dengan sistem one way gate. Main enterance yang berada di sudut kawasan menentukan letak fasilitas umum yang berkaitan dengan administrasi dan fasilitas publik lainnya. Untuk akomodasi, pembagian villa yang lebih eksklusif berada di dekat pantai dengan memanfaatkan potensi view yang indah.

Kawasan tumbuh yang flexible

Sebagai konsep desain, penataan kawasan ini sangat memudahkan owner untuk mengembangkan fasilitas ke depannya, baik dalam hal permainan perbedaan kontur kawasan, maupun dalam hal luasannya. Hal ini dapat dicapai karena dalam konsep ini akses menjadi patokan utama, sehingga mudah untuk melakukan pengembangan kawasan dengan tetap terpusat pada kawasan utama. Sehingga jika ada penataan ulang, maka tata kawasan terutama akomodasi villa tidak terkesan berantakan atau akses yang membingungkan.

Ciri khas daerah

Sebagai potensi pariwisata yang berada di lombok, maka perlu adanya pengenalan terhadap pengunjung atas ciri khas daerah yang menjadi daya tarik. Salah satunya pada kawasan resort ini, konsep bangunan menonjolkan ciri khas dari rumah tradisional lombok, yang terlihat dari desain atapnya, serta ornamen dan ragam hiasnya yang justru menjadi vocal point dari desain yang modern.